Apa itu Bitcoin? Pengertian Dan Bagaimana cara menjual belikan

Bitcoin adalah pengembang cryptocurrency pertama dan masih banyak diminati di dunia, dan tidak lebih dari permainan fantasi.

Anda tidak hanya dapat membeli, menjual, dan memperdagangkan Bitcoin di bursa mata uang kripto pihak ketiga, tetapi juga memiliki pasar berjangka penuh dan teregulasi di kelas aset.

Perhatikan bahwa meskipun perdagangan Bitcoin telah menjadi populer di ruang online, itu masih merupakan aset yang spekulatif dan mudah berubah. Faktanya, tidak jarang cryptocurrency naik atau turun lebih dari 10% dalam satu hari.

Namun, jika Anda ingin tahu cara mengambil karir investasi cryptocurrency dengan langkah yang benar, pastikan untuk membaca Panduan Perdagangan Bitcoin secara lengkap, khusus, kita akan mempelajari seluk beluk perdagangan Bitcoin, risiko apa yang perlu dipertimbangkan, cara menghasilkan uang, platform apa untuk berdagang, dan banyak lagi.

Apa itu Bitcoin?

Sebelum kita melihat secara spesifik perdagangan mata uang digital, pastikan kita memahami apa itu Bitcoin. Bitcoin adalah bentuk cryptocurrency paling sederhana yang dibuat oleh pengembang anonim pada tahun 2008. Teknologi inti disebut “blockchain” dan memungkinkan sistem Bitcoin beroperasi dengan cara “terdesentralisasi”.

Sederhananya, ini berarti bahwa tidak ada individu atau pemerintah yang mengontrol jaringan Bitcoin, dan mata uang itu sendiri tidak didukung oleh pemerintah atau bank sentral mana pun. Sebaliknya, transaksi dikonfirmasi dan dikonfirmasi oleh “penambang”. Siapa pun dapat menjadi penambang Bitcoin jika mereka memiliki perangkat keras yang diperlukan.

Penambang yang berhasil akan dihargai dengan Bitcoin karena menyalakan kelebihan daya. Bitcoin bersifat virtual sebagai mata uang, artinya tidak memiliki bentuk fisik seperti pound atau dolar AS. Sebaliknya, semua transaksi dan saldo akun disimpan di blockchain – yang tidak hanya tidak berubah dengan risiko pelanggaran, tetapi juga memfasilitasi transfer anonim, cepat dan murah.

Menurutnya, situasi utama sejauh ini masih spekulatif. Itulah mengapa sekarang kelas aset multi-miliar pound yang dapat dijual oleh pelanggan ritel dan institusional.

Apa itu Perdagangan Bitcoin?

Jika aset memiliki nilai, mungkin ada pasar perdagangan. Baik itu minyak, emas, gandum, gula, biji-bijian – sebagian besar komoditas bernilai tinggi dapat dibeli dan dijual oleh investor – pertama dan terutama untuk menghasilkan uang. Konsep ini tidak berbeda dalam kasus Bitcoin dan cryptocurrency lainnya.

Dengan cara ini, Anda dapat memperdagangkan BItcoin seperti kelas aset lainnya. Jadi, perdagangan Bitcoin mirip dengan perdagangan valas jika Anda memperdagangkan Bitcoin dengan mata uang lain. Ini bisa berupa mata uang Fiat seperti GBP, USD atau EUR atau mata uang digital alternatif seperti Ethereum dan Ripple.

Namun, pasangan Bitcoin terbesar dan paling likuid adalah dolar AS. Faktanya, pada saat penulisan, pasar BTC / USD telah memfasilitasi lebih dari $ 24 miliar dalam perdagangan dalam 23 jam. Jadi, apakah Anda ingin memperdagangkan beberapa pound atau enam angka – likuiditas yang cukup untuk dikonversi.

Bagaimana cara menjual Bitcoin?

Anda harus menggunakan platform pihak ketiga untuk membeli, menjual, dan memperdagangkan Bitcoin. Bergantung pada jenis struktur aset yang ingin Anda investasikan, itu bisa berupa pertukaran mata uang kripto khusus atau broker CFD yang teregulasi. Yang penting, ini akan tergantung pada apakah Anda berencana untuk memperdagangkan Bitcoin dalam perdagangan jangka pendek / hari berdasarkan atau menahan investasi jangka panjang.

Jadi, di bawah ini kami telah mengidentifikasi jalan utama yang memungkinkan Anda untuk terlibat dalam Perdagangan Bitcoin.

Menjual Bitcoin dengan kepemilikan 100%

Jika Anda ingin menjual Bitcoin dalam bentuk nyata, Anda harus membeli mata uang digital terlebih dahulu. Meskipun kami akan menjelaskan secara lebih rinci cara kerjanya, Anda harus menggunakan pertukaran mata uang kripto pihak ketiga yang dilisensikan untuk menerima setoran mata uang Fiat.

Ini memungkinkan Anda menggunakan kartu debit / kredit atau transfer bank untuk membeli Bitcoin , dan kemudian Anda dapat berdagang dalam mata uang lain. Setelah Anda memiliki Bitcoin, Anda memiliki dua pilihan. Jika Anda ingin berdagang di siang hari, Anda dapat menukarnya dengan cryptocurrency lain seperti Ethereum.

Catatan: Jika Anda ingin memiliki 100% Bitcoin dan kemudian memperdagangkannya dalam mata uang Fiat seperti dolar AS, Anda harus melakukannya melalui pasangan BTC / USDT. USDT adalah mata uang kripto yang disebut Tether, yang dipatok ke dolar AS.
Demikian pula, jika Anda ingin memperdagangkan Bitcoin dalam dolar AS, Anda dapat melakukannya di bursa mata uang kripto pilihan Anda. Opsi kedua adalah mengembalikan Bitcoin ke dompet pribadi Anda untuk diamankan. Opsi ini untuk mereka yang ingin berinvestasi di Bitcoin di masa depan, dengan harapan akan lebih banyak lagi di masa depan.

Perdagangan Bitcoin CFD

Jika Anda adalah investor berpengalaman yang ingin mendapatkan akses ke ruang Bitcoin setiap hari, kami sarankan untuk mempertimbangkan CFD (kontrak untuk perbedaan). CFD memungkinkan Anda untuk memikirkan harga aset masa depan tanpa harus memiliki atau menyimpannya. Arena Bitcoin tidak hanya memiliki CFD, tetapi juga kelas dari semua aset yang tersedia untuk dijual.

Apakah saham dan saham, emas, minyak, gas alam atau S&P 500 – CFD memungkinkan Anda untuk menjual aset dengan mengklik tombol. Ada banyak keuntungan untuk trading Bitcoin melalui broker CFD. Pertama-tama, tidak seperti bursa pihak ketiga, industri pialang CFD adalah medan pertempuran yang sangat diatur.

Misalnya, di indonesia, semua broker CFD harus dilisensikan oleh Financial Regulatory Authority. Ini memberi Anda sejumlah jaminan peraturan yang tidak tersedia di bursa cryptocurrency. Kedua, platform CFD mendukung metode pembayaran harian seperti kartu debit/kredit, transfer bank, dan bahkan e-wallet seperti PayPal.

Jadi Anda tidak perlu membeli Bitcoin untuk memulai trading. Sebagai gantinya, Anda perlu membuka akun, menyetor dana, dan kemudian segera membeli Bitcoin CFD. Ini juga berguna untuk menutup perdagangan Anda. Anda tidak perlu khawatir tentang mentransfer penghasilan Bitcoin Anda ke dompet digital. Sebaliknya, platform CFD di indonesia mencerminkan saldo, keuntungan, dan kerugian dalam GBP.

Perdagangan produk Bitcoin

Saat adegan investasi untuk cryptocurrency berkembang , bursa dan broker sekarang menawarkan instrumen keuangan yang lebih canggih. Ini termasuk pasar berjangka CME dan CBOE, salah satu bursa derivatif terbesar di dunia. Jadi, jika CME dan CBOE adalah untuk investor institusi, Anda dapat mengakses Bitcoin futures sebagai investor ritel.

Berikut adalah contoh cara memperdagangkan berjangka Bitcoin.

Contoh masa depan Bitcoin
Misalnya, Anda adalah banteng di arah masa depan Bitcoin. Jadi, Anda memutuskan untuk berinvestasi dalam kontrak berjangka Bitcoin. Kontrak memiliki masa berlaku tiga bulan, yang berarti Anda harus menjual kontrak lebih cepat dari jadwal atau lebih awal.

Perdagangan Bitcoin

Seperti halnya kelas aset yang ingin Anda perdagangkan di Internet, Anda perlu membuat beberapa peringatan tentang pembayaran. Bentuknya bisa bermacam-macam

Biaya Bunga Sen

Pembayaran paling umum yang Anda lakukan saat berdagang Bitcoin online adalah pembayaran bunga. Pembayaran dihitung sesuai dengan ukuran pesanan Anda, dan Anda harus membayarnya dua kali. Anda membayarnya saat pertama kali membuka perdagangan, serta saat Anda menutupnya

Bisakah saya menjual Bitcoin melalui leverage?

Sejumlah platform perdagangan Bitcoin memungkinkan Anda untuk berdagang melalui leverage. Jumlah leverage yang Anda terima akan bergantung pada sejumlah faktor. Pertama, jika Anda memutuskan untuk menggunakan platform CFD teregulasi untuk memperdagangkan Bitcoin, broker harus mengikuti aturan yang ditetapkan oleh European Securities and Markets Agency (ESMA).

Ini berarti ritel akan memungkinkan investor untuk menaikkan suku bunga hanya 2:1 saat memperdagangkan Bitcoin dan mata uang kripto lainnya. Namun, jika Anda memiliki pemahaman yang baik tentang risiko dan Anda ingin menggunakan tingkat leverage yang jauh lebih tinggi, Anda dapat menggunakan platform yang diturunkan dari kripto.

Catatan: Tidak peduli seberapa menggoda leverage, jika perdagangan Anda bertentangan dengan Anda, Anda bisa kehilangan banyak uang. Faktanya, jika perdagangan Anda dibatalkan, Anda akan kehilangan semua saham Anda, jadi berhati-hatilah.
Platform semacam itu hanya berurusan dengan setoran dan penarikan mata uang kripto, yaitu mereka tidak diharuskan mengikuti aturan yang sama seperti pialang berbasis fiat. Dengan cara ini, Anda dapat memperdagangkan Bitcoin dengan leverage 100:1.

Bagaimana cara memilih platform perdagangan kripto?

Jika Anda telah membaca panduan kami sejauh ini, kami harap Anda sekarang memiliki pemahaman yang baik tentang perdagangan Bitcoin. Jika Anda sekarang berada pada tahap di mana Anda ingin memulai karir perdagangan Bitcoin Anda, Anda harus memilih platform.

Dengan ratusan bursa dan broker di pasar saat ini, tidak mudah untuk mengetahui platform mana yang harus diikuti. Karena itu, kami menyarankan Anda membiasakan diri dengan kriteria berikut sebelum membuka akun baru.

Broker CFD yang teregulasi atau pertukaran mata uang kripto?

Pertama-tama, Anda perlu memutuskan apakah Anda ingin mendapatkan keuntungan dari kenyamanan CFD Bitcoin atau apakah Anda ingin memiliki Bitcoin dan memperdagangkannya dalam mata uang lain. Jika Anda memilih CFD, Anda menggunakan broker CFD teregulasi yang dilisensikan oleh Financial Conduct Authority (FCA).

Sebaliknya, sangat sedikit pertukaran mata uang kripto, terutama di Inggris, yang memiliki lisensi. Namun, jika Anda benar-benar ingin menjual Bitcoin, Anda mungkin berisiko.

pembayaran

Anda juga perlu memikirkan pendanaan. Misalnya, bagaimana Anda ingin berinvestasi di akun trading Anda? Jika Anda ingin menggunakan kartu kredit/debit harian, transfer bank atau dompet, pilihan terbaik Anda adalah broker CFD. Pialang teregulasi ini memiliki hak hukum untuk mendukung mata uang Fiat.

Selain itu, beberapa pertukaran kripto memungkinkan Anda untuk menyetor dana di rekening bank. Pembayaran biasanya minimal, tetapi Anda harus menunggu dua hari sebelum dana dicairkan.

biaya

Anda selalu membayar biaya perdagangan saat membeli dan menjual Bitcoin secara online – bahkan jika Anda memilih broker tanpa komisi. Dengan ini, Anda perlu memilih platform yang menawarkan struktur harga yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda berdagang dalam volume besar, Anda mungkin ingin menggunakan broker berbayar.

Di sisi lain, jika Anda seorang pedagang baru yang ingin berinvestasi dalam jumlah kecil, Anda akan baik untuk pembayaran bunga. Bagaimanapun, jangan lupa tentang penyebarannya!

Jumlah pasangan Bitcoin

Karena Anda memperdagangkan Bitcoin dalam mata uang lain, Anda perlu mengetahui berapa banyak pasangan perdagangan yang ditawarkan broker. Misalnya, apakah Anda ingin memperdagangkan Bitcoin dengan mata uang Fiat lainnya seperti USD dan GBP?

Juga, apakah Anda berencana untuk memperdagangkan Bitcoin dengan mata uang digital lainnya seperti Ethereum? Teliti platform perdagangan sebelum mendaftar.

Instrumen perdagangan

Trader yang sukses selalu menggunakan alat analisis teknis. Sepintas, mereka mungkin tampak membingungkan, tetapi penting bagi Anda untuk memahami cara kerja alat Exponential Average dan Fibonacci Retracement.

Alat tersebut memungkinkan Anda untuk menganalisis secara mendalam tren historis dalam penetapan harga, jadi kami menyukai platform perdagangan yang menawarkan setumpuk indikator grafik.

Penelitian

Ini sangat nyaman jika platform perdagangan Bitcoin menawarkan alat penelitian modern. Ini harus mencakup, setidaknya, berita penting yang dapat secara langsung memengaruhi harga Bitcoin.

Misalnya, ketika Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) menolak Bitcoin yang populer, ITF tahun lalu merespons bahwa pasar aplikasi segera melakukan penjualan besar. Dengan cara ini, Anda akan memerlukan platform perdagangan yang memungkinkan Anda mengakses peristiwa penting secara real time.