CARA MENGATASI PESERTA DIDIK MALAS BELAJAR

CARA MENGATASI PESERTA DIDIK MALAS BELAJAR


Peserta didik adalah salah satu elemen masyarakat yang berusaha menggali dan memajukan potensi diri melalui proses-proses pembelajaran yang berada pada jalur pendidikan baik pendidikan formal, informal, maupun non formal, dan dalam jenjang pendidikan yang beragama dan berjenjang. Peserta didik ini adalah objek bagi pendidik, yang menjadi sasaran dalam menyampaikan informasi oleh pendidik.

Nah, dekade ini banyak sekali masalah muncul di pendidikan Indonesia, mulai dari peserta didik melawan pendidik, tingkat mengingat peserta didik rendah, peserta didik sering mengantuk di kelas, dan yang sangat sering di jumpai, peserta didik malas. Apa penyebab malas sebenarnya ? Ini disinyalir sebagai salah satu imbas dari kemajuan teknologi saat ini. Peserta didik mulai teralihkan oleh teknologi-teknologi praktis yang tersedia.

Namun selain itu,ada beberapa alasan kenapa peserta didik menjadi malas, antara lain :

Malas sudah bawaan
Biasanya, malas yang sudah bawaan ini berasal dari keturunan ayah atau ibu dari peserta didik tersebut. Malas bawaan ini sedikit susah dirubah, karena berasal dari sifat turunan.

Motivasi belajar peserta didik rendah
Motivasi belajar peserta didik sangat mempengaruhi kemalasan peserta didik tersebut. Motivasi belajar rendah ini banyak sekali penyebabnya, mulai dari pelajaran yang diberikan susah, mata pelajaran yang diberikan baru dan rumit, suasana kelas tidak mendukung, dan lain sebagainya.


Cara mengatasi peserta didik malas belajar

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh pendidik untuk bisa mengatasi peserta didik yang malas, antara lain :

Menciptakan suasana menyenangkan di kelas
Menciptakan suasana menyenangkan di kelas biasanya akan memancing gairah peserta didik untuk belajar, artinya peserta didik yang awalnya malas belajar akan rajin belajar ketika suasana di kelas tersebut berbeda.

Merubah posisi duduk peserta didik
Posisi duduk akan menentukan tingkat kemalasan peserta didik. Peserta didik yang duduk di bagian belakang biasanya cendrung sedikit malas. Oleh karena itu, pendidik harus sering-sering mengadakan perubahan posisi tempat duduk di kelas, tujuannya agar peserta didik menemukan Susana baru dengan posisi duduk yang berbeda.

Metode penyampaian yang partisipatif
Biasanya, sikap guru yang menjelasakan dengan metode ceramah akan memancing kemalasan bagi peserta didik, karena peserta didik tidak diberikan kesempatan untuk mengungkapkan pendapat di kelas tersebut, oleh karena itu, penting rasanya mengatasi kemalasan peserta didik dengan meminta peserta didik untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.

Mengapresiasi peserta didik
Dalam proses belajar mengajar, pendidik wajib mengapresiasi peserta didik agar peserta didik lebih semangat untuk belajar. Bentuk apresiasi juga bermacam-macam, mulai dari memberikan hadiah atau penghargaan, memuji, menyanjung, dan lain sebagainya.

Sekian cara mengatasi peserta didik yang malas belajar. Semoga artikel ini bermanfaat.



0 Response to "CARA MENGATASI PESERTA DIDIK MALAS BELAJAR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel