CARA MEMBUAT ORGANISASI

CARA MEMBUAT ORGANISASI


Organisasi adalah sebuah wadah mengembangkan diri untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. Organisasi juga dapat diartikan sebagai sekumpulan orang yang ingin mengembangkan diri demi mencapai sebuah tujuan tertentu. Pengertian organisasi banyak dikembangkan oleh beberapa ahli di dunia.

Philip Selznick berpendapat bahwa organisasi adalah sebuah kesepakatan dalam bentuk aturan kepada seluruh anggota yang bertujuan untuk memberi kemudahan dalam pencapaian yang sudah ditetapkan.

Mr. Chester J. bernard berpendapat organasisasi ini ialah pekerjaan yang dilakukan oleh dua atau lebih orang secara bersamaan. Organisasi juga adalah  sebuah komposisi atau bentuk aktivitas-aktivitas atau energi pada setiap orang yang telah dikoordinasikan.

MANFAAT ORGANISASI

Ada banyak manfaat ber-organisasi, antara lain:

  1. Mencapai sebuah tujuan yang dicita-citakan.
  2. Melatih jiwa kepemimpinan dalam diri.
  3. Mendewasakan pola pikir setiap individu.
  4. Mendapatkan jaringan dan teman lebih banyak.
  5. Menambah wawasan.


LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT ORGANISASI


Tentukan tujuan organisasi. Banyak sekali organisasi di Indonesia dan sangat beragam sekali tujuan atau target dari masing-masing organisasi tersebut. Tujuan atau target organisasi menjadi poin yang sangat penting dalam pembentukan organisasi tersebut. Bahkan, tujuan ini akan menjadi penentu banyak atau tidaknya jumlah anggota dalam organisasi tersebut nantinya.
Tentukan nama organisasi. Nama menjadi penting selain tujuan dalam organisasi. Nama ini akan menjadi ciri khas dan label bagi eksternal organisasi tersebut. Nama organisasi biasanya mengikuti tujuan organisasi tersebut. Seperti contoh: GRANAT (GERAKAN NASIONAL ANTI NARKOBA) yang bergerak di bidang penanganan narkoba, KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) yang menjadi wadah organisasi pemuda, dan lain sebagainya.
Mencari pengurus/anggota organisasi. Setelah nama sudah ada, mulai rekrut anggota untuk bias bergerak bersama-sama mencapai tujuan yang sudah ditentukan.
Membuat peraturan organisasi. Setelah sudah mendapat pengurus/anggota organisasi tersebut, bersama-sama membuat peraturan organisasi tersebut sebagai dasar hukum gerakan di organisasi tersebut.
Organisasi tersebut siap untuk bergerak.

Nah, ini adalah langkah-langkah membuat organisasi. Jika ingin diakui oleh pemerintah kita harus membuat akta notaris untuk organisasi tersebut, dan mendaftarkan organisasi tersebut di daerah masing-masing melalui KESBANGPOL (Untuk organisasi Daerah) dan melalui Kementerian yang terkait (Untuk organisasi nasional).

0 Response to "CARA MEMBUAT ORGANISASI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel